Loading Posts...

Alasan Kenapa Website Kamu Harus Pakai HTTPS

Alasan kenapa harus pindah ke HTTPS

HTTPS adalah standar protokol keamanan World Wide Web di internet, atau singkatnya merupakan versi aman dari HTTP. HTTPS menggunakan lapisan enkripsi SSL atau TLS supaya data yang terkirim tetap aman.

Bagi kamu yang mempunyai website tentu tau bahwa membangun situs dengan protokol HTTPS lebih butuh sumber daya lebih daripada protokol HTTP biasa, terutama untuk membayar biaya tahunan kepada penyedia sertifikat yang valid.

Dengan berkembangnya era teknologi saat ini banyak hal-hal yang perlu diperhatikan di sebuah website terutama website yang berhubungan dengan pengguna salah satunya aspek HTTPS ini. Mau tau seberapa penting HTTPS ini untuk website kamu?

Data Pengguna

HTTPS melindungi data pengguna

HTTPS melindungi data pengguna

Data saat ini merupakan hal yang sangat sensitif dan banyak dicari. Kita lihat betapa ketatnya perusahaan seperti Google dan Facebook melindungi data penggunanya. Tentu ada alasan kenapa mereka melakukannya, karena data pengguna sangat penting bagi mereka untuk dilindungi. Hanya karena situs kamu tidak mempunyai hubungan dengan data kartu kredit maupun transaksi kamu bisa mengabaikannya, Kamu salah – semua data itu penting dan sangat sensitif.

Melindungimu dari Hacker

HTTPS jadi perisai pertama dari hacker

HTTPS jadi perisai pertama dari hacker

Kamu tahu Webdav? atau Mass Deface? atau Mass Hacking? atau penyerangan situs secara sporadis? Nah biasanya para peretas menghindari situs-situs berprotokol HTTPS karena mempunyai sistem validasi data yang lebih rumit dari protokol HTTP biasa.

Selain itu untuk pengguna website kamu juga akan merasa lebih aman berada di situsmu tanpa takut terkena serangan dari peretas seperti malware, phising, dll

HTTPS adalah Standar Baru

HTTPS sudah menjadi standard baru

HTTPS sudah menjadi standard baru

Mulai Oktober 2017 lalu sudah banyak asosiasi standarisasi internet yang mengharuskan penggunaan HTTPS pada setiap situs yang dikunjungi agar data pengguna terlindungi. Ini juga dilakukan oleh penyedia browser seperti Chrome dan Mozilla, mereka akan memberi peringatan terhadap situs yang tidak menggunakan protokol HTTPS sebagai situs yang tidak aman.

Search Engine Optimization

HTTPS berdampak pada SEO

HTTPS berdampak pada SEO

Inilah yang mungkin bisa jadi pertimbangan terbesar kamu untuk beralih dari protokol HTTP biasa ke protokol  HTTPS. Bagi kamu yang sangat mengandalkan SEO sangat disarankan untuk pindah ke HTTPS sekarang juga karena Google sudah menyarankan para web developer untuk beralih ke HTTPS. Hal ini otomatis akan membuat algoritma SERP google lebih memprioritaskan situs yang memiliki protokol HTTPS.

Jadi apakah alasan-alasan diatas sudah cukup menjadi pertimbangan kamu untuk pindah ke protokol HTTPS? Walaupun harus membayar ekstra kita akan tetap dapat keuntungannya. Lagipula sekarang sudah banyak penyedia domain dan hosting yang menyertakan SSL dari LetsEncrypt sebagai layanan cuma-cuma alias gratis kepada pelanggan mereka. Untuk tutorial pemasangannya akan penulis segera buatkan, jadi tetap cek terus web ini ya guys.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

donistn

Graphic Designer yang suka menulis, main musik dan kadang berubah menjadi web developer.

Show 6 comments

Januari 18, 2018
0

Nungguin tutorialnya…

Januari 18, 2018
0

Siap mbak akan saya publish secepatnya kalau sudah selesai 🙂

Januari 18, 2018
0

Ini nih, yg mau aku pake juga utk blog ku. Pgn ganti jd https.. Tp krn akunya kurang ngerti cara2 ngubah, pasang ato segala yg berkaitan ama hal2 begini, jd slalu minta tolong ama temenku yg dr awal ngebikinin blogku.. :). Tadinya aku pikir https ini hanya utk website yg berkaitan dengan onlineshopping , internet banking, krn berkaitan dengan security dan data nasabah. Tapi ternyata website biasapun sebaiknya make yaa

Januari 18, 2018
0

Iya memang disarankan pake https karena kalau pakai http biasa sekarang di browser ada peringatan “tidak aman” di samping alamat blog 😀 nanti akan ada tutorialnya kok disini 😀

Januari 18, 2018
0

Alhamdulillah blog saya sudah pakai ini
tadinya si tidak begitu peduli, namun setelah beberapa kali sharing dengan blogger2 senior lainnya.
ternyata sangat disarankan.

Januari 18, 2018
0

Benar mas. saya juga sempat tidak peduli dengan https ini sampai suatu ketika saya mengakses website ada peringatan bahwa situs saya tidak aman. setelah itu saya upgrade semua situs saya dengan protokol https 🙂 takutnya menganggu pengunjung

Leave a Comment

Loading Posts...